Rabu, 16 November 2011

PISANG si Kuning yang unik

Add caption


Selain lezat, pisang juga merupakan sumber gizi dan energi. Pisang adalah makanan kecil yang ideal sepajang hari jika energi tubuh mulai menurun. Pisang juga dapat memenuhi selera kita untuk memakan yang manis- manis dengan cara yang sehat.
Sumber energi.....
Pisang adalah sumber protein yang unik. Dengan kualitas penghasil energinya, pisang menjadi buah yang baik untuk sarapan atau cemilan. Dibandingkan dengan buah—buahan lain, pisang mengandung kalori yang sedikit lebih tinggi (100 g pisang berisi 79 kalori). Kandungan tersebut sebanding dengan 46 apel atau 41 pir. Kandungan seratnya pun tinggi sehingga pisang mempunyai sedikit effek pencuci perut. Pisang juga mengandung tryptophan (asam amino dengan efek penenang alami) yang baik untuk orang dengan masalah tidur. Trytophan juga dapat memperbaiki suasana hati secara alami dan mengurangi gejala depresi, kecemasan, dan sindrom pramenstruasi (PMS).
Manfaat positif....
Pisang mempunyai manfaat menyeluruh bagi tubuh. Sebagai contoh, kandungan pottasiumnya dapat membantu pertumbuhan sel, mengendalikan tekanan darah, memperlancar pengaturan cairan tubuh dan keseimbangan asam alkali. Pisang juga tinggi kadar anti-oksidannya khususnya beta-karoten, yang berubah secara alami di dalam tubuh menjadi vitamin A dan C. Kedua vitamin ini melawan infeksi dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh. Keduanya juga melawan penyakit jantung serta kanker tertentu. Pisang juga berisi vitamin B6 yang melindungi tubuh dari penyakit jantung, mengatur sistem saraf, serta membantu mengurangi masalah haid dan menopause. Vitamin B6 membantu menghasilkan asam amino yang mengendalikan suasana hati. Pisang yang sangat matang juga baik untuk meredakan gejala diare.
Makanan yang lembut....
Karena bermanfaatdan mudah dicerna, pisang menjadi makanan pertama yang untuk bayi, dengan cara dilembutkan bersama susu. Meskipun demikian, jangan memberikan pisnag kepada bayi dibawah umur enam bulan karena mungkin terjadi kondisi tidak toleran terhadap makanan. Pisang merupakan makanan pemulih kesehatan yang baik dan bermanfaat bagi orang-orang dengan selera makan yang rendah atau memiliki penyakit yang terkait dengan selera makan. Karena rasanya sangat manis, pisang dapat menjadi alternatif yang sehat untuk menggantikan permen, kue atau biskuitdan membuat hampir semua makanan menjadi manis. Bahkan, pisang kering mempunyai rasa yang lebih manis dan sangat bermanfaat untuk memasak. Pisang juga mengandung kadar pottasium (kalium) dan serat yang tinggi dibandingkan buah segar lainnya.
Memilih dan menyimpan.....
Belilah pisang yang tidak lembek dengan warna kuning yang cerah dan sedikit bintik cokelat. Pisang dapat dikombinasikan dengan hampir semua buah. Pisang juga bisa menjadi camilan yang bermanfaat ketika bepergian. Pisang dapat dimasak menjadi berbagai puding buah dan kue. Untuk dimasak, semakin matang pisang, semakin baik. Simpanlah pisang ditempat yang sejuk dan jauhkan dari sinar matahari, tetapi jangan di lemari es.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;