Kamis, 17 November 2011

Siii kribo kaya antioksidan



Brokoli merupakan sayuran yang sangat ajaib. Brokoli adalah sumber antioksidan yang tinggi protein. Kandungan seratnya separuh dari roti gandum, tetapi kandungan  kalorinya hanya sepersepuluh.
Penjaga kekebalan.......
Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral, antara lai beta karoten, vitamin A, C , B zat besi, seng serta asam folat. Sayuran ini dapat memperkuat sistem kekebalan dan menjadi kekuatan utama untuk melawan kanker usus. Kandungan sulphuraphane-nya mampu mendetoksifikasi dan secara efektif mengeluarkan segala penyebab kanker yang kita makan dan hirup setiap saat. Brokoli melindungi sistem kekebalan secara menyeluruh. Selain melawan kanker, brokoli juga baik untuk melawan penyakit jantung dan infeksi, terutama yang berhubungan dengan saluran pernafasan.
Pembersih mendalam......
Brokoli adalah sayuran yang mempunyai kemampuan membersihkan secara mendalam, sayuran ini dapaat membersihkan seluruh sisitem pencernaan serta memurnikan dan menstimulan hati, yang merupakan organ tubuh utama untuk detoksifikasi. Bila hati bekerja dengan kemamapuan penuh, seluruh tubuh akan berfungsi lebih baik. Brokoli mencegah tumpukan racun berbahaya di dalam sistem tubuh. Ketika beban racun dalam tubuh dikurangi, kulit secara nyata akan menjadi lebih baik. Tidak heran jika brokoli menjadi makanan kecantikan yang sempurna. Kandungan vitamin B2-nya baik untuk kulit, rambut dan kuku. Vitamin B2 dan B5 bergabung didalam brokoli untuk mengubah metabolisme lemak menjadi energi sehingga memberikan anda kekuatan. Cara memasak yang sesuai sangat penting untuk mempertahankan kadar gizinya. Merebus merupakan cara yang terbaik
Asam folat.......
Add caption
Brokoli juga bermanfaat untuk wanita hamil karena mengandung asam folat (vitamin B yang lain) yang dapat melindungi calon bayi dari spina bifidi (kondisi kelumpuhan di tubuh bagian bawah) serta memperkuat sistem saraf dan sel darah ibu dan bayi. Asam folat ini dapat berkurang karena pil kontrasepsi oral, sehingga jumlah sel darah merah juga ikut menurun. Asam folat juga baik untuk mendorong produksi serotonin, bahan kimia alami didalam tubuh yang dapat memperbaiki suasana hati. Oleh karena itu, brokoli juga menguntungkan bayi penderita depresi. Kita dianjurkan memakan 1-3 porsi dalam seminggu.
Memilih, menyimpan, dan memakan......
Carilah brokoli dengan warna hijau yang cerah, bukan yang mulai menguning atau layu. Kita dapat juga membeli tunas brokoli berbunga ungu dengan kuntum kecil yang terpisah-pisah. Batang brokoli harus sangat keras jika dipegang. Simpanlah di lemari es dan makanlah maksimal satu atau dua hari sejak dibeli. Jangan memasak brokoli terlalu lama untuk membantu mempertahankan zat gizinya. Cukup rebus atau kukus selama beberapa menit dengan sedikit air dan tutplah panci. Setelah ssedikit layu, tumis dengan campuran sayur lainnya. Sebagai bonus tambahkan kombu kedalam air untuk memasak beras agar zat besi dalam rumput laut terserap oleh beras. Hidangan ini baik untuk makansiang, dan malam atau sebagai makan siang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;