Rabu, 16 November 2011

Vitamin dan Mineral


Vitamin dan Mineral sangatlah baik untuk tubuh kita. Banyak diantara kita yang kadang salah mengartikan vitamin sebagai obat penyembuh sakit. Justru itu, vitamin digunakan untuk membantu kita dalam upaya pemulihan suatu penyakit tertentu. Manfaat lain dari vitamin adalah sebagai inhibitor pencegahan penyakit dalam tubuh kita sehingga dapat memperkebal imunitas daya tahan tubuh kita. Dibawah ini, kandungan bahan- bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh kita
Vitamin A (RETINOL) : apel, pir, pisang, bit, berry, brokoli, kubis, wortel, kacang mete, chestnut, hazelnut, ikan berminyak, pepaya, paprika atau cabai, bayam, biji bunga matahari, ubi, tomat, dan selada air
Vitamin B1 (THIAMIN) :kacang brazil, hewan buruan, bubur gandum, kacang tanah, kedelai, dan roti gandum utuh.
Vitamin B2 (RIBOFLAVIN) : almond, brokoli, keju, hewan buruan, dan susu
Vitamin B3 (NIASSIN) :hewan buruan, jamur, ikan berminyak, kacang tanah, kedelai, dan roti gandum utuh.
Vitamin B5 : brokoli dan hewan buruan.
Vitamin B6 (PIRIDOKSIN) : pisang, bit, hewan buruan, hazelnut, dan kedelai.
Vitamin B12 :keju, telur, hewan buruan, dan ekstrak ragi.
Vitamin C (ASAM ASKORBAT) :apel, pir, pisang, bit, berry, kacang brazil, brokoli, kubis, wortel, chestnut, kelapa, bawang putih, hazelnut, madu, sayuran hijau, mangga, pepaya, paprika atau cabai, bayam, ubi, tomat, dan selada air.
Vitamin D : keju, kuning telur, susu, ikan berminyak, dan biji bunga matahari.
Vitamin E : berry, kubis, mangga, kacang- kacangan, minyak zaitun, pepaya, paprika atau cabe, biji wijen, biji bunga matahari, bayam, ubi, tomat, dan selada air.
Vitamin K : bayam dan biji bunga matahari.
Asam folat : apel, pir, buncis, lentil, bit, brokoli, kelapa, biji wijen, bayam, ubi, dan selada air.
Kalsium : kacang almond, apel, Pir, buncis, lentil, bit, berry, kubis, wortel, kacang mete, gandum, labu, biji wijen, rumput laut dan tumbuhan laut, kedelai dan tahu, bayam, ubi, biji bunga matahari. Walnut selada air dan yogurt.
Tembaga : tumbuhan laut dan rumput laut
Yodium : pir, rumput laut, tumbuhan laut, dan selada air
Zat besi : buncis, lentil, bit, berry, brokoli, hewan buruan, mangga, pepaya, labu, biji wijen, rumput laut dan tumbuhan laut, kedelai, biji bunga matahari, ubi, dan selada air.
Mangan : buncis, lentil, bit, dan bayam
Magnesium : apel, pir, buncis, lentil, bit, berry, kubis, paprika atau cabai, labu, biji wijen, rumput laut dan tumbuhan laut, kedelai, bayam, dan ubi.
Potasium : apel, pir, buncis, lentil, bit, berry, rumput laut dan tumbuhan laut, kedelai, bayam, dan ubi.
Fosfor : apel, pir, bit, gandum, kedelai&tahu, dan ubi.
Selenium : buncis, lentil, kacang brazil, hewan buruan, ikan berminyak, biji wijen kedelai dan walnut.
Silikon : rumput laut dan tumbuhan laut
Seng : kacang almond, berry, brokoli, hewan buruan, hazelnut, mangga, pepaya, buah cemara, labu, biji wijen, rumput laut dan tumbuhan laut, biji bunga matahari, kedelai, dan tahu, ubi, tomat, dan selada air .
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
;